Meyakinkan orang untuk membeli produk atau jasa anda itu gampang-gampang susah, ibarat anda meyakinkan pasangan bahwa anda yaitu orang yang pantas untuk mereka. Sebagai penjual kita harus punya trik yang digunakan untuk meyakinkan calon pembeli supaya mau mengeluarkan uang mereka dengan membeli produk dan jasa kita.

Dari pengalaman langsung saya, ada beberapa tips dalam meyakinkan calon pembeli supaya mereka yakin dengan produk dan jasa yang aku tawarkan. Berikut yaitu tipsnya :
1. Buat calon pembeli merasa nyaman
Ketika ada orang tiba ke lapak anda atau mungkin menghubungi anda melalui kontak, berikan pelayanan yang baik semenjak awal supaya mereka merasa dihargai. Bagi anda yang muslim sanggup dengan mengucapkan salam, memperlihatkan senyum, menyapa mereka, atau ucapan basa-basi lainnya ibarat para pegawai di kantor pelayanan.
Jika anda memperlihatkan pelayanan yang baik semenjak awal, calon pembeli akan nyaman dan merasa dihargai, itu yaitu poin pertama yang menciptakan hati mereka mulai luluh untuk mau mengeluarkan uang untuk membeli produk anda.
Saya pernah menciptakan kesalahan dengan mengacuhkan calon pembeli alasannya aku sibuk sendiri, mereka terkesan kecewa dan alhasil enggan membeli. Yah, itu pengalaman yang sangat berharga untuk aku pribadi.
Jangan lupa menanyakan kepentingan mereka, produk atau jasa apa yang mereka cari di kawasan anda dan segera masuk ke tahap berikutnya.
2. Berikan klarifikasi yang meyakinkan
Jika mereka mencari produk A, tunjukkan produknya dan berikan klarifikasi wacana kualitas dan kekurangan produk itu. Bisa juga anda bandingkan dengan produk homogen dan tunjukkan keunggula produk anda kepada mereka.
Penjelasan yang menarik dan jujur akan menciptakan calon pembeli yakin dengan anda dan produk/jasa yang anda tawarkan.
3. Alihkan perhatian mereka
Sudah panjang lebar menjelaskan produknya namun mereka belum yakin juga? Ada baiknya anda alihkan perhatian mereka kepada produk/jasa itu. Biasanya aku iseng menanyakan hal sepele ibarat "baru pulang kerja pak?" atau "lagi libur yah bu?".
Jika mereka membahas hal lain, itu akan menciptakan lebih cepat bagi pelayanan anda dimana bila mereka memang ingin membeli maka mereka akan menentukannya dengan cepat, namun bila mereka tidak membeli maka konsentrasi mereka sudah tak terlalu tertuju pada klarifikasi kita sehingga menyingkat waktu.
4. Berikan sesuatu yang spesial
Masalah utama dengan calon pembeli yaitu harga, namun anda sanggup menonjolkan hal lain kepada mereka supaya harga yang anda tawarkan jadi tidak terlalu mahal. Biasanya bila ada pelanggan yang membandingkan dengan harga di toko online, aku akan memperlihatkan klarifikasi mengenai ongkos kirim, ketersediaan produk, kebenaran produk, akomodasi dalam mengecek produk dan lain sebagainya yang menciptakan mereka menjadi tak terlalu memikirkan perbedaan harga lagi.
Silakan cari hal lain yang berdasarkan anda sanggup menciptakan calon pembeli tidak mempermasalahkan harga yang anda tawarkan pada mereka.
5. Bersahabatlah dengan mereka
Mau beli atau tidak, jangan hingga anda menciptakan calon pembeli murka atau jengkel alasannya dari mereka sanggup saja ada rejeki lain yang datang. Saya mengalami sendiri saat salah satu calon pembeli tak jadi membeli di kawasan saya, namun aku tetap dekat dengan mereka, beberapa waktu kemudian temannya tiba dan malah membeli lebih banyak sesudah menerima rekomendasi darinya.
Comments
Post a Comment